Jaksa Janji Hadirkan Amel Alvi dalam Persidangan Muncikari RA Hari Ini

Deny Irwanto    •    Kamis, 01 Oct 2015 08:21 WIB
prostitusi artis
Jaksa Janji Hadirkan Amel Alvi dalam Persidangan Muncikari RA Hari Ini
Saksi kasus prostitusi artis Amel Alvi. (Twitter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang kasus prostitusi kalangan artis dengan terdakwa muncikari Robby Abbas (RA) alias Obbie hari ini. Agenda mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

Kasie Pidum Kejari Jaksel Candra Saptaji menjamin akan menghadirkan Amel Alvi dalam persidangan. Amel adalah artis yang menjadi saksi korban dalam kasus Obbie.

Candra mengatakan, pihaknya akan menghadirkan saksi artis sesuai dengan perintah hakim dalam sidang sebelumnya. Sebab, tiga kali pemanggilan saksi artis tidak ada yang bisa datang. Alasan ketidakhadiaran mereka beragam. Ada yang karena sakit dan habis melahirkan.

"Sidang besok (hari ini) kami pastikan saksi artis hadir," kata Candra saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (30/9/2015) malam.

Candra mengatakan, tiga artis yaitu Amel Alvi, Tyas Mirasih dan Sinta Bachir dilakukan pemanggilan semua. Namun, yang menjadi prioritas adalah Amel Alvi. Sebab, Amel Alvi menjadi saksi korban dalam kasus tersebut. Sejauh ini, kata Candra, Amel sudah kooperatif untuk memberikan kesaksiannya. Meski begitu, jika kembali mangkir pihaknya akan jemput paksa dengan koordinasi polisi.

"Sesuai perintah hakim, AA jadi prioritas untuk dihadirkan," tegas Candra.

Kehadiran Amel dalam persidangan dinilai penting dalam pembuktian kasus prostitusi artis ini. Sebab, barang bukti beberapa harus dikonformasi kepada Amel. Seperti keberadaan pakaian dalam yang disita polisi.

"Kalau tetap mangkir juga yah kami upaya paksa tadi," tandas Candra.

Adapun dua artis lainnya tetap dilakukan pemanggilan. Yakni Tyas Mirasih, dalam dakwaan tertulis nama Tyas, dan Sinta Bachir. Keduanya juga akan dilakukan pemanggilan upaya paksa jika sudah tiga kali dilakukan pemanggilan tetap mangkir.

Seperti diketahui, sidang sebelumnya ada tiga saksi dari pihak kepolisian yang hadir. Mereka hadir untuk menjelaskan kronologis penangkapan yang dilakukan pihak kepolisian.

Saat sidang terakhir, majelis hakim memerintahkan JPU agar dapat menghadirkan saksi-saksi yang lain di sidang berikutnya. Walaupun tidak menjelaskan siapa saksi dari kalangan artis yang akan hadir, namun sebelum persidangan terakhir kuasa hukum Robby Abbas, Pieter Ell menunjukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kepada media yang tercantum nama artis Tyas Mirasih, Amel Alvi dan Sinta Bachir.

Atas perbuatannya, RA diduga telah melanggar pasal 296 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana jo pasal 506 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara selama satu tahun empat bulan.

Kasus muncikari RA ini menyedot perhatian publik. Dia mengaku bisa 'menjual' wanita yang berprofesi sebagai artis serta model dengan tarif Rp200 juta sekali kencan.

Langganan jasa RA dipastikan kalangan berduit. Pengacara RA behkan menyebut pelanggan yang kerap 'pesan' artis pada kliennya mulai dari pengusaha sampai anggota parlemen.


(MEL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA