Ini Permintaan KPU kepada Daerah dengan Pasangan Calon Tunggal

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 01 Oct 2015 08:37 WIB
pilkada serentak
Ini Permintaan KPU kepada Daerah dengan Pasangan Calon Tunggal
Komisioner KPU, Ida Budhiati. (Antara/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum bergerak cepat menyesuaikan peraturannya menyusul dibolehkannya pasangan calon tunggal berlaga di Pilkada serentak. KPU meminta penyelenggara pemilu di tiga daerah yang nyaris tidak bisa ikut Pilkada serentak tahun ini untuk melakukan berbagai kegiatan.

"Kami meminta ke tiga daerah, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Timor Tengah Utara dan Blitar untuk segera melakukan persiapan pemilihan calon tunggal. Mereka kami minta menjadwalkan ulang terkait tahapan program Pilkada," kata Komisioner KPU Ida Budiarti dalam dialog Bincang Pagi Metro TV, Kamis (1/10/2015).

Permintaan itu, sembari KPU menyusun draft peraturan KPU khusus pemilihan yang diikuti pasangan calon tunggal dan dikonsultasikan serta disahkan bersama Komisi II DPR. Ida juga meminta tiga daerah tersebut menata kembali badan penyelenggara ad hoc.

"Dan segera melakukan kegiatan menuju pada penetapan daftar pemilih tetap, yang kemarin sudah ada daftar pemilih sementaranya," tukas dia.

Ida mengakui, pihaknya hanya memiliki sisa waktu 76 hari sejak sekarang hingga datangnya hari H pemungutan, 9 Desember mendatang. Waktu tersebut, memang tidak sepanjang daerah lain. Akan tetapi, Ida meyakini pihaknya bisa menggelar Pilkada di tiga daerah tersebut.

"Dari simulasi yang kami lakukan, masih cukup waktu bagi KPU untuk mengelola tahapan meskipun tidak sepanjang dari tahapan yang selama ini sudah berjalan, kami harus memanfaatkan waktu. Kami meyakini masih punya cukup waktu untuk melayani peserta dan pemilih," terang dia.


(MEL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

21 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA