KPU Cermati Dua Desain Surat Suara untuk Pasangan Calon Tunggal

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 01 Oct 2015 09:03 WIB
pilkada serentak
KPU Cermati Dua Desain Surat Suara untuk Pasangan Calon Tunggal
Ilustrasi surat suara. (Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum menyiapkan dua desain surat suara yang akan digunakan oleh daerah yang hanya memiliki pasangan calon tunggal dalam Pilkada serentak. Dua surat suara ini sedang diteliti lebih lanjut terkait kelebihan dan kekurangannya.

"Ini tantangan besar bagi penyelenggara pemilu melakukan sosialisasi secara masif. Seluruh metoda itu harus kami lakukan untuk menyampaikan informasi kepada pemilih, terutama bagaimana cara penggunaan surat suara dengan daerah yang mempunyai paslon lebih dari satu," kata Komisioner KPU Ida Budhiarti dalam dialog Bincang Pagi Metro TV, Kamis (1/10/2015).

Menurut Ida, pihaknya sangat berhati-hati memilih desain suara yang memenuhi prinsip keadilan dan tidak berpihak. Karena, selama ini, masyarakat Indonesia akrab dengan surat suara yang terdiri dari dua gambar pasangan calon atau lebih. 

"Prinsip dasarnya menjamin adanya kepastian bahwa tidak adanya keberpihakan yang bisa mengarah pada pilihan setuju. Misalnya," ujar dia.

Desain surat suara pertama yang tengah disiapkan KPU adalah surat suara yang memunculkan kolom yang berisikan gambar pasangan calon tunggal tersebut dan di sampingnya juga ada kolom, tapi kosong tanpa gambar. 

"Desain ini, kelemahannya adalah pemahaman masyarakat yang selama ini hanya paham surat suara ada gambarnya dan yang tidak ada gambar, masyarakat tidak paham apa maknanya," terang dia.

Sementara itu, desain kedua adalah memunculkan gambar pasangan calon dan di bawahnya terdapat kolom bagi pemilih untuk menyatakan apakah setuju dengan pasangan tersebut atau tidak. "Dua desain yang sudah kami simulasikan ini, tentu akan kami cermati lagi di mana kelebihan dan kekurangannya," tandas Ida.


(MEL)