Teknologi Otomotif

Teknologi Driver-Assist Bantu Selamatkan Ribuan Nyawa

Ekawan Raharja    •    Jumat, 02 Oct 2015 09:37 WIB
teknologi otomotif
Teknologi <i>Driver-Assist</i> Bantu Selamatkan Ribuan Nyawa
Teknologi Driver-Assist selamantkan ratusan ribu nyawa dan dana hingga miliaran dollar. MMI

Metrovnews.com: Teknologi pada dunia otomotif semakin lama semakin berkembang. Sudah pasti, teknologi yang digunakan bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan keamanannya.

Bahkan beberapa teknologi yang ada pada sebuah mobil, seperti teknologi pengereman otomatis dan sensor, dapat menyelamatkan nyawa banyak orang. Berkat teknologi ini, hasil riset dari Boston Consulting Group, mengklaim 10 ribu nyawa dapat diselematkan dan menghemat lebih dari USD 251 miliar.

"Karena penyebab kecelakaan di Amerika Serikat kebanyakan karena kesalahan pengemudi," jelas Xavier Mosquet, North American leader of the firm’s automotive practice, seperti di kutip dari Bloomberg.

Sayangnya belum banyak pabrikan yang mengaplikasikan fitur tersebut sebagai standar kendaraan. Contohnya seperti teknologi kamera surround-view, baru terpasang satu persen di mobil baru dan akan naik menjadi empat persen pada tahun 2020.

Boston Consulting Group menganggap konsumen akan bersedia untuk mengeluarkan uang lebih untuk menambahkan fitur-fitur tersebut. Asalkan pabrikan dan dealer dapat memberikan penjelasan kepada konsumen mereka.

"Banyak dealer mobil yang kurang menjelaskan tentang hal ini. Itu membuat masih banyak konsumen yang tidak terlalu memahami signifikansi fitur keselamatan ini."


(UDA)