IMF: Ekonomi Global Berada dalam Lingkaran Setan

   •    Kamis, 01 Oct 2015 14:35 WIB
ekonomi global
IMF: Ekonomi Global Berada dalam Lingkaran Setan
International Monetary Fund Managing Director Christine Lagarde. AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKI

Metrotvnews.com, Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) menyuarakan kekhawatiran tentang ekonomi global akibat pelambatan Tiongkok dan menghadapi potensi "lingkaran setan" dari mendekatnya kenaikan suku bunga AS.

"Di sisi ekonomi, ada alasan untuk khawatir. Prospek kenaikan suku bunga di Amerika Serikat dan pelambatan Tiongkok berkontribusi terhadap ketidakpastian dan volatilitas pasar yang lebih tinggi," ujar Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam sebuah pidato di Washington, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (1/10/2015).

Dia mengatakan pelambatan tajam dalam pertumbuhan perdagangan global serta "penurunan cepat" harga komoditas, yang memukul keuangan negara-negara berkembang pengekspor komoditas memengaruhi  keuntungan ekonomi di Afrika, Amerika Latin, dan Asia.

Dia memprediksi laporan World Economic Outlook IMF akan memproyeksikan pertumbuhan lebih lemah tahun ini  daripada 2014 dan hanya sedikit meningkat pada 2016. Lagarde menekankan kekhawatiran IMF tentang rencana Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuan, yang dipertahankan di nol sejak akhir 2008 untuk mendukung pemulihan ekonomi AS dari resesi besar.

Kenaikan suku bunga, masih di radar The Fed untuk tahun ini, bisa mendorong para investor untuk menarik dana mereka dari negara-negara berkembang ke Amerika Serikat dan  memperkuat mata uang Paman Sam tersebut.

"Kenaikan suku bunga AS dan dolar yang lebih kuat bisa mengungkapkan ketidaksesuaian mata uang, yang mengarah ke default atau gagal bayar perusahaan, serta lingkaran setan antara korporasi, bank, dan pemerintah," kata Lagarde.


(SAW)