Fenomena PHK karena Dampak Perekonomian Global

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 01 Oct 2015 15:10 WIB
ekonomi indonesia
Fenomena PHK karena Dampak Perekonomian Global
Korban PHK. MIbagussuryo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yorrys Raweyai mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sedang melanda beberapa industri dapat dikatakan sebuah tragedi perekonomian. Namun, kondisi tersebut tak lepas dari dampak krisis ekonomi global.

"PHK sebagai sebuah tragedi yes, tapi enggak sendiri karena itu terdampak krisis global. Dinamika makroekonomi yang didukung oleh geopolitik juga berpengaruh," ujarnya di Gedung Permata Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2015).

Dirinya menambahkan, kondisi yang dikhawatirkan oleh para pengusaha untuk mengantisipasi gejolak dalam  tiga bulan ke depan. Pasalnya, jika tidak ada perbaikan maka PHK di industri akan semakin banyak lagi.

"Belajar dari 98, melihat kondisi sekarang yang lebih diperhatikan pengusaha mengantisipasi 3 bulan ke depan. Kalau kondisi ekonomi enggak ada terobosan kebijakan pemerintah, ini semua tergantung pemerintah," terang dia.

Selain itu, buruh juga sebagai salah satu yang terdampak PHK ini perlu memberikan masukan kepada pemerintah sebagai bahan pertimbangan. Akan tetapi faktor tekanan buruh juga tak bisa jadi satu-satunya faktor pendorong kebijakan pemerintah.

"Kita buat apapun tekanan, kalau tidak di-back up regulasi oleh pengusaha dan kalangan usaha dan Kadin percuma saja. Masukan kita harus bisa ada solusi," pungkasnya.






(SAW)