BI Perkirakan Ekonomi Bengkulu Tumbuh 5,4%

   •    Kamis, 01 Oct 2015 15:12 WIB
ekonomi daerah
BI Perkirakan Ekonomi Bengkulu Tumbuh 5,4%
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Bengkulu: Bank Indonesia (BI) memperkirakan angka pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu pada kuartal III-2015 akan sekitar 5,4 persen secara tahunan. Pertumbuhan ekonomi Bengkulu tetap positif walau terkena dampak dari guncangan perekonomian global. 

"Pertumbuhan ekonomi kita masih bagus di tingkat nasional," kata Deputi Kepala BI Perwakilan Provinsi Bengkulu Christin Sidabutar, seperti dikutip Antara, di Bengkulu, Kamis (1/1/0/2015). 

Ia mengaku, hampir tiap tahun sebelum 2015 pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu selalu berada pada angka 6-7 persen. Pada 2015, pertumbuhannya berada di angka lima persen. Namun, pertumbuhan di angka lima persen masih tergolong tinggi dibandingkan daerah lain.

"Kita selalu lebih tinggi di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional, dan tahun ini juga begitu," jelasnya.

Christis menjelaskan, perlambatan pertumbuhan ekonomi Bengkulu saat ini disebabkan oleh salah satu fondasi ekonomi Bengkulu terpengaruh perekonomian global. Bengkulu merupakan daerah penghasil komoditas untuk diekspor. Saat ini, harga komoditas tersebut sedang jatuh, sehingga sektor ekspor turut menurun. 

"Walau mengalami perlambatan, perekonomian daerah itu masih bisa bertahan di atas lima persen oleh karena ketersediaan kebutuhan pangan lokal. Dampak kekeringan oleh fenomena el nino tidak terlalu berpengaruh. Petani tidak ada yang gagal panen sehingga kebutuhan lokal masih bisa dipenuhi," pungkas Christin.



(ABD)