Ini Penyebab Asap Pekat di Beberapa Daerah

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 01 Oct 2015 15:42 WIB
asap
Ini Penyebab Asap Pekat di Beberapa Daerah
Asap di sejumlah daerah pantauan BNPB----MTVN/Anggito

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengonfirmasi jumlah titik api kebakaran hutan di beberapa daerah sudah berkurang dibanding awal September. Namun, asap pekat tetap menyelimuti beberapa daerah.

Ketua BNPB Williem Rampangilei mengungkapkan, asap disebabkan api yang membakar lahan gambut belum padam total. Sehingga, masih berpotensi menimbulkan asap.

"Penanganan kebakaran sebagian besar di lahan gambut. Proses pemadaman di gambut sebelum api betul-betul padam maka akan menimbulkan banyak asap. Terutama jika air yang digunakan tidak cukup banyak," kata Williem saat konfrensi pers di Graha Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Faktor angin, kata dia, juga menjadi salah satu penyebab beberapa daerah diselimuti asap pekat. Hal itu seperti yang terjadi di Riau. Titik api di Riau, kata dia, sudah berkurang tetapi kabut asap tebal masih menyelimuti.

"Karena asap dibawa angin maka kembali lagi," ungkap dia.

Willieam mengakui, untuk penanganan menghilangkan asap cukup sulit. Sebab, BNPB membutuhkan curah hujan dengan intensitas tinggi untuk dapat menghilangkan kabut asap.

"Memang impact paling berat adalah di asap, ini memang perlu waktu. Asap diatasi terbaik dengan curah hujan yang banyak dan lebat atau siraman cukup," ungkap dia.


(TII)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA