Salinan Perjanjian Kerja Sama CDB Belum Diterima DPR

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 01 Oct 2015 16:12 WIB
bumn
Salinan Perjanjian Kerja Sama CDB Belum Diterima DPR
Gedung Kementerian BUMN (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dipastikan tidak akan mendapatkan salinan perjanjian kerja sama antara tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan China Development Bank (CDB). Sebab, harus ada mekanisme yang dijalankan jika DPR ingin mendapatkan salinan perjanjian kerja sama tersebut.

Menurut Deputi Bidang Jasa Keuangan, Survey dan Konsultasi Kementerian Badan BUMN, Gatot Trihargo, ketiga bank BUMN yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI harus meminta persetujuan rekomendasi dan legal opinion dari CDB dalam meraih izin salinan perjanjian kerja sama.

"Kami sedang tunggu rekomendasi dan legal opinion dari mereka (CDB)," ungkap Gatot, ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, (1/10/2015).

Meski belum diberikan salinan perjanjian kerja sama oleh CDB, namun Gatot menekankan bahwa tidak ada yang dirahasiakan dalam perjanjian tersebut. Belum adanya salinan itu lantaran hanya butuh koordinasi saja sehingga memerlukan waktu. 

Sebagai informasi, Komisi VI DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian BUMN beserta jajaran direksi tiga bank BUMN. RDP itu mengalami kebuntuan, setelah beberapa anggota Komisi VI DPR RI meminta salinan perjanjian kerja sama dengan CDB.


(ABD)