7 Bulan Gaji Dipotong, Ini Kata PHL Menteng

Wanda Indana    •    Kamis, 01 Oct 2015 16:12 WIB
phl pemprov jakarta
7 Bulan Gaji Dipotong, Ini Kata PHL Menteng
Salah seorang PHL di Menteng----MTVN/Wanda

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah Pekerja Harian Lepas (PHL) di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, mengaku pasrah gajinya dipotong. PHL tidak berani mempertanyakan alasan pemotongan gaji mereka.

Yuni, salah seorang PHL yang ditugaskan membersihkan jalan di Kecamatan Menteng, mengaku takut kehilangan pekerjaan jika mempertanyakan gaji.

"Saya tidak berani bertanya, takut dipecat," kata Yuni kepada Metrotvnews.com, di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Menurut penuturan sumber Metrotvnews.com, seluruh PHL di Kecamatan Menteng disuruh menandatangani surat pernyataan. Di dalam surat itu PHL dinyatakan sudah menerima gaji.

Selamet, 45, salah seorang PHL lainnya, juga enggan menanggapi kabar adanya perintah untuk menandatangani surat pernyataan. Dia tampak menghindar. "Saya tidak tahu, tanya yang lain saja," kata Selamat sembari berlalu.

Pemotongan gaji PHL Menteng terjadi sejak Januari hingga Juli 2015. Gaji PHL yang seharusnya sebesar Rp2,7 juta sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta, hanya diberikan Rp1,5 juta. Gaji mereka dipotong pihak kecamatan. Namun, pihak kecamatan belum mau memberi komentar terkait kabar tersebut.


(TII)