Kepercayaan Masyarakat pada Hukum Makin Lemah

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 01 Oct 2015 16:44 WIB
salim kancil
Kepercayaan Masyarakat pada Hukum Makin Lemah
Aksi simpati untuk aktivis petani Lumajang, Salim Kancil di Malang, Jawa Timur. (Ant/Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Bandung: Tragedi terbunuhnya Salim alias Kancil, aktivis antitambang pasir besi di Desa Selok Awar-Awar, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur menjadi bukti lemahnya kepercayaan masyarakat pada hukum. 

Kriminolog Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Yesmil Anwar mengatakan kasus pembunuhan yang menimpa Salim Kancil tidak bisa dilihat dari sisi kriminalitas umum saja.

Dia menilai ada ketidakpercayaan masyarakat pada hukum. Sehingga, perbuatan main hakim sendiri jadi jalan penyelesaian masalah. 

"Kepercayaan akan hukum saat ini semakin melemah, sehingga masyarakat memliki anggapan sendiri mengenai setiap kejadian kejahatan," ungkap Yesmil kepada Metrotvnews.com di Bandung, Kamis (1/10/2015).

Karena itu, masyarakat perlu mengerti mengenai perundang-undangan dan harus ada kesadaran hukum.

Di samping itu, kata Yesmil, tidak bisa dipungkiri keterbatasan fasilitas kepolisian di daerah. Kondisi itu jadi sebab kinerja kepolisian tidak maksimal. Meski begitu, dia menyarankan agar polisi tak hanya melakukan penindakan saja.

"Polisi sebagai penegak hukum, harus bisa menjadi pengayom, jangan hanya penindakan saja," bebernya.

Untuk kasus Salim Kancil, dia meminta polisi membuktikan konsistensinya. Ini bisa dilakukan dengan pasal-pasal yang digunakan untuk menjerat para tersangka.

"Tinggal merujuk saja pada pasal-pasal yang ada sehingga nanti terlihat ada kelemahan dalam penindakan atau tidak," paparnya.


(SAN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA