Crane di Ciliwung Roboh, Polisi: Dugaannya Akibat Kelalaian Petugas Proyek

Akmal Fauzi    •    Kamis, 01 Oct 2015 17:37 WIB
crane jatuh di ciliwung
Crane di Ciliwung Roboh, Polisi: Dugaannya Akibat Kelalaian Petugas Proyek
Ilustrasi--PEMASANGAN TURAP KAMPUNG PULO: Sejumlah untuk pemasangan turap bantaran Sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Jakarta, Selasa (25/8)--Antara/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolres Jakarta Timur, Kombes Umar Faroq, yang meninjau lokasi crane jatuh di Kali Ciliwung, Kampung Pulo, Jakarta Timur. Dugaan sementara, alat seberat 25 ton itu tumbang akibat kelalaian pekerja proyek.

"Dugaan akibat kelalaian petugas proyek. Secara keseluruhan, bukan hanya operator, penanggung jawab juga bertanggung jawab atas kejadian yang mengakibatkan satu warga terluka," kata Umar di lokasi kejadian, Kamis (1/10/2015).

Saat ini pihaknya telah meminta keterangan beberapa saksi untuk mengetahui fakta-fakta jatuhnya crane tersebut. Jika terbukti ada unsur kelalaian, pekerja maupun penanggung jawab proyek bisa dikenakan pidana sesuai Pasal 360 KUHP, tentang kelalaian kerja yang menyebabkan korban luka dengan ancaman hukuman lima tahun.

"Saya akan melakukan pengecekan, ke korban juga yang sedang dirawat di rumah sakit. Jika terbukti (unsur kelalaian) baik pengendara crane dan pimpinan proyek bisa kena unsur pidana sanksi kecelakaan kerja," tegas Umar.

Jatuhnya crane seberat 25 ton di Kali Ciliwung, Kampung Pulo, Jakarta Timur menyebabkan Yuli, 14, terluka. Saat kejadian, Yuli sedang mencuci baju di gubuk di bantaran Kali Ciliwung. Crane roboh dan menimpa gubuk serta pepohon di samping korban. Yuli menderita luka robek di bagian leher dan patah tulang tangan.

Crane seberat 25 ton di lokasi pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung, Kampung Pulo, roboh. Posisi crane yang sedang beroperasi untuk pemasangan tiang pancang proyek normalisasi Kali Ciliwung diduga tidak seimbang. Crane miring dan jatuh menimpa sebuah gubuk di seberang Kali Ciliwung.


(YDH)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA