AMD Batal Buat Prosesor untuk Perangkat Mobile

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 01 Oct 2015 21:51 WIB
amd
AMD Batal Buat Prosesor untuk Perangkat Mobile
Ryan Sim saat melakukan presentasi di acara AMD Media Day 15 (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Bogor: Hari ini, Kamis (1/10/2015), AMD mengadakan acara AMD Media Day 15. Acara tahunan tersebut telah berlangsung untuk yang keempat kalinya. Dalam acara tersebut, Componen Sales Director AMD Asia Tenggara, Ryan Sim mengatakan, saat ini dan untuk ke depannya AMD akan berfokus di pangsa pasar PC. Ryan juga menegaskan, AMD tidak akan masuk ke pasar perangkat mobile seperti ponsel atau tablet. 

"AMD akan terus berfokus kepada pasar PC. Kami mengerti bahwa kompetitor kami tengah giat berkutat di perangkat mobile, namun kami akan terus berkomitmen untuk pasar PC," ujar Ryan.

Selain itu, kata Ryan, pasar kartu grafis kelas pemula (entry-level) juga terus menurun. Apalagi, kemampuan grafis APU (Advanced Processing Unit) AMD kini terus meningkat, bahkan sudah melebihi performa dari kartu grafis kelas pemula.

Teknologi APU, seperti pada prosesor AMD Godavari juga telah mampu memainkan game-game online yang ada di pasar, seperti Dota 2, Counter Strike: Global Offensive, dan League of Legends.

Kelebihan lain dari APU adalah lebih hemat daya dan harganya lebih murah ketimbang menggunakan prosesor dengan kartu grafis terpisah. 


(ABE)