Veteran: Anak Muda Harus Terapkan Pancasila

Patricia Vicka    •    Kamis, 01 Oct 2015 17:56 WIB
pancasila
Veteran: Anak Muda Harus Terapkan Pancasila
Kolonel (Purn) Marwan D.S(kanan) minta anak muda jaga dan amankan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Rambutnya sudah memutih. Pendengarannya sudah berkurang. Ia harus dibantu alat pendengar di telinga.

Namun, semangatnya untuk mencintai dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masih terus berkobar. Dadanya berdegup demi mendengar lagu Indonesia Raya. 

Mengenakan kemeja biru dipadu blazer hitam penuh lencana penghargaan, ia berusaha bersikap setegap mungkin ketika menghormat Sang Saka Merah Putih. 

Pria itu adalah Pejuang Republik Indonesia generasi ketiga angkatan 70. Ia bernama Kolonel (Purn) Marwan DS. Kepada Metrotvnews.com ia bercerita kecintaannya pada Pancasila. Meskipun usianya sudah lanjut, Pancasila masih berdiri tegak dan melandasi kehidupannya sehari-hari. 

"Pancasila itu penting agar semangat gotong-royong tidak hilang dalam masyarakat. Juga untuk menjujung tinggi perbedaan suku, agama dan ras yang ada di Indoensia," Ketua Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) DIY ini di Yogyakarta, Kamis (1/10/2015). 

Ia menyayangkan mulai pudarnya nilai-nilai Pancasila pada generasi muda Indonesia saat ini. "Zaman sekarang pengaruh global sudah luar biasa menghantam anak muda Indonesia. Soal gotong-royong sekarang sudah terganggu. Toleransi antaragama sekarang sudah berkurang dan sering terjadi bentrok," tutur Marwan.

Seharusnya anak muda zaman sekarang tidak hanya hafal Pancasila, namun mengamalkan nilai-nilai mulia Pancasila dalam hidup berbangsa. 

"Dia (anak muda) harus tahu sejarah Pancasila, apa nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Lalu pelihara nilai-nilai itu dan implementasikan di kehidupan sehari-hari," pintanya.

Dengan itu, ia berharap generasi muda sekarang tidak gampang terombang-ambingkan negara lain untuk menghancurkan Pancasila.

"Kita patut bangga punya Pancasila. Negara lain banyak yang kagum dengan Pancasila yang membuat Indonesia tetap utuh walaupun banyak perbedaan," tutupnya.


(SAN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA