Kepala BNPB: Kanal Solusi Terbaik Cegah Kebakaran Hutan

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 01 Oct 2015 18:04 WIB
asap
Kepala BNPB: Kanal Solusi Terbaik Cegah Kebakaran Hutan
Kepala BNPB Willem Rampangilei----MTVN/Anggito

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kebakaran hutan bisa dihindari dengan pembangunan kanal bersekat. Kanal ampuh menurunkan jumlah titik api di beberapa daerah, seperti di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kanal ini sangat membantu percepatan pemadaman," kata Kepala BNPB Williem Rampangilei‎ dalam konferensi pers di Graha Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Williem mengakui, pembuatan kanal bersekat diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau lokasi kebakaran di Kalsel.
"Jadi Presiden minta buat kanal bersekat. Sudah dimulai di Kalsel dan Kalteng‎," ungkap dia.

Rencananya, kanal bersekat ini dibangun sepanjang 17 kilometer dengan ukuran 6x6 meter di daerah Kalsel dan Kalteng‎. Selain itu, kanal bersekat ini juga akan dibangun di daerah yang berpotensi mengalami kebakaran hutan besar.

"Jika semuanya bisa butuh waktu lima tahun. Tapi itu akan diupayakan secepatnya untuk membangun kanal bersekat," ujarnya.‎

Kanal ini, kata dia, berbeda dengan kanal yang dibuat pemerintahan sebelumnya. "Di masa lalu dibuat kanal tanpa dibendung, tanpa dibuat sekat, maka lahan gambut kering. Kalau kering, kalau terbakar sulit dipadamkan," tegas Williem.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA