Pemerintah Diminta Dorong Konsumsi untuk Lewati Perlambatan Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 01 Oct 2015 19:05 WIB
ekonomi indonesia
Pemerintah Diminta Dorong Konsumsi untuk Lewati Perlambatan Ekonomi
Illustrasi. MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Rekson Silaban mengatakan, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang tetap mendorong konsumsi di masyarakat tetap terjaga. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi cara melawati kondisi ekonomi yang melambat seperti sekarang ini.

‎"Jangan terperangkap karena pemerintah melakukan pengetatan anggaran. Kita bisa melewati krisis ini jika ada orang yang membelanjakan uangnya," ujarnya di Gedung Permata Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2015).

Dirinya menambahkan, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan subsidi agar konsumsi tidak turun serta menjaga stabikitas harga pangan.

"Bila perlu digenjot subsidi biar konsumsi tidak cepat turun. Selama makan ada dan harga terkendali, maka akan aman. Dan kita jangan ditakut-takuti bisa bikin harga akan melonjak," terang dia.

Sementara untuk memperbaiki secara jangka panjang, maka pemerintah perlu mendorong industri dalam negeri untuk meningkatkan produksi dan mengurangi ketergantungan impor dari luar negeri.

‎"Kalau jangka panjang harus keluar dari konsumsi dan masuk ke produksi.Pemerintah tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. Perusahaan juga tidak bisa. Mereka harus saling berunding," tutupnya.


(SAW)