BNPB Imbau Masyarakat Gunakan Masker Khusus

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 01 Oct 2015 19:08 WIB
kabut asap
BNPB Imbau Masyarakat Gunakan Masker Khusus
Ketua BNPB Williem Rampangilei (MTVN: Anggi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asap pekat masih selimuti beberapa daerah di Kalimantan dan Sumatra. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker yang tepat.

Ketua BNPB Williem Rampangilei mengatakan masker yang biasa seperti yang digunakan dokter untuk‎ operasi tidak tepat digunakan saat lingkungan sekitar ditutupi asap tebal kebakaran hutan.

"Masker yang bagus adalah jenis N95, tidak bisa gunakan masker untuk dokter operasi. Jadi masker khusus memang," kata Williem saat jumpa pers di graha BNPB, Pramuka, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Jika kabut asap semakin tebal, lanjut Williem, masyarakat disarankan menggunakan handuk lembab.‎ "Kalau terlalu pekat gunakan handuk basah. Itu rekomendasi kesehatan," ungkap dia.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diimbau segera memeriksa kesehatannya jika sudah mengalami gangguan kesehatan. ‎"Kalau merasa tidak enak di tenggorokan harus berobat. Jangan malas berobat," tukas dia.

‎Selain itu, laksamana muda purnawirawan TNI Angkatan Laut ini mengimbau agar masyarakat untuk tidak lagi membakar lahan, karena upaya pemadaman yang dilakukan oleh pemerintah akan sia-sia jika masih saja ada pihak yang melakukan pembakaran lahan.

‎"Yang masih lakukan pembakaran kita berharap tidak lagi. Keberhasilan penanganan kebakaran hutan dan lahan tidak bisa bergantung pemerintah pusat dan daerah‎," ujar dia.


(ALB)