Deflasi September, Pemerintah Yakin Proyeksi Inflasi 4,2% Sepanjang Tahun Tercapai

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 01 Oct 2015 23:38 WIB
inflasi
Deflasi September, Pemerintah Yakin Proyeksi Inflasi 4,2% Sepanjang Tahun Tercapai
Illustrasi. MI/BENNY BASTIANDY

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis, September terjadi deflasi 0,05 persen. Dari capaian tersebut, pemerintah semakin yakin  inflasi 4,2 persen hingga akhir tahun dapat tercapai dari yang diasumsikan dalam APBNP 2015 sebesar 4 plus minus 1 persen.

"Ini berarti bahwa target 4,2 persen di akhir tahun itu makin jelas dan makin sangat mungkin tercapai," kata Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Suahasil mengatakan, kondisi inflasi yang rendah harus dimanfaatkan untuk menambah tingkat kepercayaan pelaku pasar khususnya dalam menjaga daya beli masyarakat sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor riil.

"Sektor riil inilah yang menyerap tenaga kerja, memproduksi barang. Kalau sektor riil bisa berlanjut, PHK tidak terjadi, pengurangan produksi yang dalam tidak dilakukan, maka dia bisa jalan terus," jelas dia.

Kendati demikian, tambah Suahasil, meski terjadi tingkat inflasi yang rendah, kata Suahasil, namun gejala el nino juga mesti diwaspadai karena menyebabkan kekeringan yang cukup serius dan menjadi hambatan bagi produksivitas sektor pangan.

"Kita waspadai dan yang paling cukup serius di Oktober dan November, mungkin juga sampai Desember adalah kekeringan," pungkasnya.


(SAW)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA