Realisasi Capex Indofood Diprediksi Hanya Rp6,3 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 02 Oct 2015 11:54 WIB
indofood
Realisasi <i>Capex</i> Indofood Diprediksi Hanya Rp6,3 Triliun
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) memprediksi realisasi penyerapan capital expenditure (capex) hanya sebesar Rp6,3 triliun di 2015 ini atau setara 70 persen dari total capex sebesar Rp9 triliun.

"Kami rata-rata menghabiskan capex hanya sekitar 70 persen dari total dana capex keseluruhan tiap tahunnya," kata Direktur and Corporate Secretary Indofood Sukses Makmur Werianty Setiawan‎, ditemui dalam acara Public Expose 2015 perseroan, di Sudirman Plaza Indofood Tower, Jakarta, seperti ditulis Jumat (2/10/2015).

Dia mengaku, perseroan pesimistis bisa menyerap sepenuhnya capex di tahun ini. Sebab, ada beberapa faktor yang menghalangi penyerapan capex. "Jadi, rasanya tidak akan terserap penuh, karena ketika bangun pabrik ada saja kejadian tidak terduga, misal, belum dapat tanah, izin dan lain-lain," keluhnya.

Werianty menjelaskan, sampai semester I-2015, perseroan baru merealisasikan capex sebanyak 30 persen atau setara Rp2,3 triliun dari keseluruhan total capex di tahun ini.‎ "Karena ada timming tidak pas, serapan tidak bisa dilakukan saat ini, prioritas yang berubah. Kalau tidak siap tahun ini, dianggarkan lagi tahun depan," ungkap dia.

Namun demikian, ia menjelaskan, sampai 2015 ini habis masih ada beberapa bulan lagi. Artinya, realisasi penyerapan capex akan masih terus berjalan seperti yang akan terjadi di kuartal III dan kuartal IV di 2015 ini.



(ABD)