Publik Akan Makin Sulit Awasi Anggota DPR

Astri Novaria    •    Jumat, 02 Oct 2015 13:51 WIB
dpr
Publik Akan Makin Sulit Awasi Anggota DPR
Anggota pengamanan dalam memeriksa identitas pengunjung di area Gedung Paripurna DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 14 April 2014. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia menentang rencana DPR memperketat pengamanan Kompleks Parlemen. Sebab, hal tersebut bakal membuat masyarakat semakin sulit mengawasi Dewan.

"Dalam suasana tertutup kejahatan mudah dilakukan di DPR," kata peneliti Formappi Lucius Karus melalui pesan singkat, Jumat (2/10/2015).

(Klik: Pengamanan Gedung DPR Akan Diperketat)

Menurut Lucius, peraturan keamanan terpadu di Kompleks Parlemen bertolak belakang dengan janji Ketua DPR Setya Novanto membangun Parlemen terbuka dan moderen. "Aturan itu kontraproduktif dengan semangat keterbukaan parlemen," ujar Lucius.

Menurutnya, banyak Badan Legislasi yang lebih penting untuk diselesaikan daripada menggodok produk peraturan keamanan terpadu. Salah satu tugas penting Baleg adalah mendorong pencapaian target penyusunan produk legislasi.

"Baleg harusnya fokus pada pencapaian target legislasi yang jelas-jelas melorot tahun ini. Mereka bertugas untuk melakukan harmonisasi, pembulatan dan pemantapan konsep," imbuhnya.

Baleg tengah menyusun peraturan tentang sistem keamanan terpadu di Kompleks Parlemen Senayan. Dengan peraturan ini, akses masuk ke Kompleks Parlemen akan dibatasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


(TRK)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

53 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA