Dinkes Tangsel Intervensi Masalah Penghambat Menuju Kota Sehat

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 02 Oct 2015 15:36 WIB
tangerang selatan
Dinkes Tangsel Intervensi Masalah Penghambat Menuju Kota Sehat
Larangan Merokok-----MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan akan mengintervensi setiap program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang sulit dicapai. Sebab selama ini, banyak hambatan yang menghadang pelaksanaan program tersebut.

"Ke depannya, masing-masing puskesmas akan melaporkan pengujian PHBS. Selanjutnya, akan dikerucutkan masalah-masalah yang sering terjadi dan itu akan diintervensi," ujar Kepala Sumber Daya Kesehatan dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Tangsel, Iin Sophiawati kepada Metrotvnews.com, usai sosialisasi PHBS di Aula Kecamatan Pondok Aren, Pondok Aren, Tangsel, Jumat (2/10/2015).

Salah satu intervensi yang bakal dilakukan ialah larangan merokok. Saat ini, Pemkot Tangsel sedang menggodoknya dalam bentuk peraturan daerah. Soal intervensi terkait larangan merokok ini akan dijalankan di sejumlah tempat, termasuk ke sekolah dan rumah penduduk.

Selain larangan merokok, intervensi dalam bentuk sosialisasi perwujudan hidup sehat ini juga dilakukan kepada ibu ataupun calon ibu. Pendekatan secara intensif bakal terus dilakukan, demi tercapainya PHBS di wilayah yang dipimpin Wali Kota Airin Rachmi Diany tersebut.

"Prioritas paling besar, nanti kita tetap lakukan pendekatan ke ibu. Terkait ASI eksklusif, melahirkan dengan tenaga medis, kebersihan lingkungan dan rumah. Misal terkait ASI eksklusif itu, bila belum banyak kesadaran. Nanti bakal dibentuk kelas khusus menyusui di puskesmas-puskesmas. Nah intervensi seperti itu yang kita lakukan," jelasnya.


(TII)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA