Tidak Ada Anggaran Khusus Tutup Kerugian Pertamina

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 02 Oct 2015 15:39 WIB
pertamina
Tidak Ada Anggaran Khusus Tutup Kerugian Pertamina
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar PT Pertamina (Persero) menurunkan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM). Tidak dipungkiri Pertamina belum bisa menyesuaikan harga lantaran harus menutup kerugian yang dialami sebesar Rp15,2 triliun. 

Dalam hal ini, Bambang mengaku, pemerintah tidak menyediakan anggaran khusus untuk mengatasi persoalan kerugian yang dialami akibat Pertamina tidak menyesuaikan harga BBM ketika harga minyak dunia merangkak naik. Namun, diharapkan harga BBM bisa diturunkan sejalan dengan permintan Presiden Jokowi.

"Pokoknya turunkan saja harganya (BBM), tapi tidak ada subsidi, tidak ada anggaran (untuk menutup kerugian yang dialami Pertamina)," jelas Bambang, di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2015).

Kendati demikian, lanjut Bambang, pemerintah tengah memikirkan skema terbaik untuk menyelesaikan persoalan kerugian yang dialami Pertamina. Salah satu skema yang diambil adalah dengan pengurangan dividen (setoran bagi hasil perusahaan BUMN ke negara). 

"Pokoknya Pertamina kita perhatikan, tapi tidak pakai anggaran negara karena tidak ada," tegas dia.


(ABD)