Tips Mobil

Meletakkan Kaki di Pedal Kopling Bisa Bikin Selip

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 08 Oct 2015 10:42 WIB
tips mobil
Meletakkan Kaki di Pedal Kopling Bisa Bikin Selip
Kebiasaan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil melaju bisa bikin selip. Carwale

Metrotvnews.com, Jakarta: Cara mengemudi menjadi salah satu faktor penentu usia pakai kampas kopling, pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual. Jika kampas kopling sudah tipis/habis, bisa mengakibatkan terjadinya selip (tidak bisa masuk gigi perseneling).
 
“Tanpa disadari, banyak orang punya kebiasaan meletakkan atau menempelkan kaki kiri di pedal kopling ketika mobil sedang jalan, itu membuat kopling terus bekerja,” beber Ade mekanik salah satu bengkel di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
Disarankan jika sudah melepas pedal kopling, sebaiknya kaki tidak berada di pedal kopling. Jadi kopling benar-benar terlepas, agar kampas kopling tambah awet.
 
Ade-pun mejelaskan tanda-tanda kampas kopling yang sudah tipis, yakni berkurangnya tenaga pada mesin, dan suara mesin meraung di rpm tinggi.
 
“Kebiasaan menahan pedal kopling setengah juga harus dihindari khususnya untuk jangka waktu yang terlalu lama, terutama saat di tanjakan. Ini juga menjadi salah satu penyebab kampas kopling cepat aus,” tutup Ade.


(UDA)