Tutup Kerugian, Pertamina Berharap Setoran Dividen Ditiadakan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 02 Oct 2015 17:23 WIB
pertamina
Tutup Kerugian, Pertamina Berharap Setoran Dividen Ditiadakan
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) masih menunda penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan alasan harus menutupi kerugian yang diderita yang mencapai angka Rp15,2 triliun.

Namun, sejumlah pilihan dimunculkan untuk mengatasi defisit keuangan Pertamina seperti pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) atau pengurangan dividen. Solusi ini diberikan agar Pertamina bisa segera membenahi struktur keuanganya.

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengaku pihaknya lebih memilih opsi pengurangan dividen untuk menutupi kerugian tersebut dibandingkan mendapatkan PMN. "Penurunan dividen yang bagus," kata Dwi, ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2015).

Dwi menjelaskan, sebagai korporasi tentu Pertamina berharap opsi yang lebih bagus untuk menyelamatkan keuangan perusahaan. Malah jika dimungkinkan, Dwi berharap setoran dividen yang sebesar Rp6,3 triliun bisa ditiadakan.

Namun demikian, keputusan opsi mana yang akan diberikan sangat bergantung kepada pemegang saham. "Ya kalau sebagai korporasi kita berharap boleh saja kan. Tapi itu keputusan pemegang saham dan kita tentu harus memahami kondisi negara seperti apa," pungkas dia.


(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA