Moeldoko Mengusung Gagasan Inovasi

   •    Rabu, 21 Aug 2013 11:55 WIB
 Moeldoko Mengusung Gagasan Inovasi
KSAD Jenderal TNI Moeldoko--ANTARA/Dhoni Setiawan/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam fit and proper test di Komisi I, Jenderal Moeldoko diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasannya jika nanti menjadi Panglima TNI.

Moeldoko menggarisbawahi ancaman aktor nonnegara yang belakangan bermunculan.

"Ancaman aktor non-negara yang membahayakan regional, nasional, internasional mengharuskan kita untuk merevitalisasi ketahanan negara," ujarnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (21/8).

Mungkin timbulnya bahaya negara dalam peranan terorisme juga menjadi perhatian Moeldoko. TNI, menurut Moeldoko siap menghadapi jika terjadi perang asimetrik yang berkarakter serba tidak terduga dan tidak teratur.

"TNI masa kini dan mendatang berkepentingan atas perang asimetrik," tegasnya.

Satu hal yang dijadikan inovasi Moeldoko dalam mengahadapi ancaman modern adalah dengan sistem managemen TNI Terintegrasi.

Moeldoko mengusung gagasan inovasi, profesionalisasi TNI dan keutuhan NKRI. Untuk itu ia akan mneyoroti isu-isu kedisiplinan prajurit, profesionalisme, kesejahteraan, penegakan hukum dan HAM, melanjutkan program MEF, menjaga netralitas. Dan semua itu bisa diselesaikan melalui berbagai inovasi secara terencana dan terukur.

"TNI akan meningkatkan kualitas SDM dan ketercukupan alutistanya secara bertahap," tegasnya.