Otoritas Pasar Modal Diminta Konsisten Implementasikan Kebijakan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 02 Oct 2015 18:12 WIB
pasar modal
Otoritas Pasar Modal Diminta Konsisten Implementasikan Kebijakan
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (tengah) (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta agar kebijakan di pasar modal diimplementasikan dengan konsisten. Hal tersebut juga untuk mengurangi dampak capital outflow yang terlalu besar dari Indonesia.

"Jadi kalau di dunia pasar modal, itu yang penting adalah kebijakan-kebijakan yang sudah dikeluarkan bisa diimplementasikan dengan konsisten," ujarnya, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2015).

Dirinya menambahkan, meski masih ada capital inflow yang masuk ke Indonesia, namun banyaknya arus modal yang keluar memberikan tekanan terhadap pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Kemarin sebetulnya banyak outflow, khususnya di pasar modal. Itu yang menyebabkan kondisinya banyak berpengaruh kepada nilai tukar rupiah. Tetapi positifnya, masih ada incoming flow, walaupun jumlahnya lebih sedikit. Ada negara lain yang incoming flow-nya sudah tidak ada," jelas dia.

Untuk itu, salah satu yang perlu dilakukan oleh seluruh stakeholder adalah memberikan kepercayaan kepada para investor. Hal ini tentunya akan mendorong persepsi positif mereka untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

"Kalau bisa dilawan dengan contoh konkrit, maka itu akan bisa membangun kepercayaan. Kita semua harus mendukung perbaikan ekonomi dengan persepsi positif. Masing-masing lembaga perlu terus berkoordinasi," pungkasnya.



(ABD)