Pemilik Aviastar Berharap Pesawat Mendarat Darurat

Yogi Bayu Aji    •    Sabtu, 03 Oct 2015 06:47 WIB
aviastar hilang kontak
Pemilik Aviastar Berharap Pesawat Mendarat Darurat
Ilustrasi. Pesawat Twin Otter Aviastar rute Masamba-Makassar hilang kontak Jumat (3/10/2015). MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilik Maskapai Aviastar Sugeng Triyono berharap pesawat PKBRM/DHC6 dengan penerbangan MV 7503 rute Masamba-Makassar mendarat darurat. Pasalnya, pesawat terbut hilang kontak sejak Jumat 2 Oktober 2015 dan belum ditemukan hingga kini.

"Mudah-mudahan karena landing darurat," kata Sugeng kepada Metrotvnews.com, Sabtu (3/10/3015).

Sugeng belum mau banyak bicara soal kemungkinan penyebab pesawat tesebut hilang kontak. Dia menilai, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut.

"Enggak satu faktor saja, kemungkinan besar faktor alam atau juga ada faktor-faktor lain. Kalau dari teknis jarang sekali," jelas dia.

Dia hanya memastikan pesawat berjenis Twin Otter tersebut dalam kondisi prima kendati produksi Kanada pada 1981. "Ya enggak ada masalah. Record kita enam tahun ini enggak ada masalah," jelas dia.

Jumat 2 Oktober pukul 14.25 WITA, pesawat Aviastar lepas landas dari Bandara A. Jemma Masamba menuju Makassar. Waktu tempuh penerbangan normal dari Bandara A Jemma Masamba ke Makassar selama 70 menit.

Semestinya, pesawat tiba di Makassar pada pukul 15.39 WITA. Namun, 11 menit setelah lepas landas pesawat hilang kontak dari menara pemantau Bandara A. Jemma Masamba.

Pesawat tersebut membawa 10 orang di dalamnya. Mereka adalah Pilot Captain Iriafriadi, Kopilot Yudhistira, Teknisi Soekris Winarto yang mengantarkan Nurul Fatimah, Lisa Falentin, Risa Arman, Sakhi Arqam, Muhammad Natsir, Afif (bayi), dan Raya (bayi).


(OGI)