Manajemen Aviastar Terima Laporan Sinyal HP Milik Pilot Pesawat

Arga sumantri    •    Sabtu, 03 Oct 2015 11:49 WIB
aviastar hilang kontak
Manajemen Aviastar Terima Laporan Sinyal HP Milik Pilot Pesawat
Tim Pencari Aviastar----Ant/Sahrul Manda

Metrotvnews.com, Jakarta: Pencarian Pesawat Aviastar yang hilang kontak sejak kemarin, mulai menemukan titik terang. Manajemen Aviastar menerima laporan dua sinyal handphone dari pilot dan teknisi pesawat.

"Kami mendapat laporan atau informasi sinyal HP dari kru yang terlacak. Ada dua laporan tentang sinyal terlacak dari pilot dan enginer," kata GM Komersial PT Aviastar Petrus Budi Prasetyo di kantornya, Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (3/10/2015).

Laporan sinyal diperkuat keterangan dari tukang kayu di Palopo. Tukang kayu itu, kata Budi, melihat pesawat melintas terbang rendah.

"Kalau dari sinyal HP milik teknisi, sinyal persis 3 derajat 20 menit 14 detik lintang selatan dan 120 derajat 21 menit 7 detik bujur timur," imbuh dia.

Untuk itu, manajemen menurunkan dua unit pesawat Twin Otter 4 Bravo Sera dan 4 Bravo Kilo yang berasal dari Masamba dan Ujung Pandang.

"Tapi karena cuaca kurang baik di daerah Delta Alva Bravo sehingga mereka tak bisa melakukan pencarian lanjutan dan tak bisa terbang rendan di bawah 8.000 sehingga kru yang bertugas menyampaikan belum ada tanda-tanda keberadaan pesawat kami," sebut dia.

Sementara pesawat dari Ujung Pandang sudah diterbangkan ke area lain dengan dibantu satu helikopter dari TNI AD dan polisi. "Kami harap 1-2 jam helikopter dan pesawat sudah kembali ke pangkalan," kata Budi.

Kemarin, Pesawat Aviastar lepas landas dari Bandara A Jemma Masamba menuju Makassar. Waktu tempuh penerbangan normal dari Bandara A Jemma Masamba ke Makassar selama 70 menit. Semestinya, pesawat tiba di Makassar pada pukul 15.39 WITA. Namun, 11 menit setelah lepas landas pesawat hilang kontak dari menara pemantau Bandara A Jemma Masamba.

Pesawat membawa tiga kru dan tujuh penumpang. Mereka adalah Captain Iriafriadi, Kopilot Yudhistira, Teknisi Soekris Winarto yang mengantarkan Nurul Fatimah, Lisa Falentin, Risa Arman, Sakhi Arqam, Muhammad Natsir, Afif (bayi), dan Raya (bayi).
 


(TII)