Kemenhub Pastikan Proyek Kereta Cepat Tetap Berjalan

Meilikhah    •    Sabtu, 03 Oct 2015 14:32 WIB
kereta cepat
Kemenhub Pastikan Proyek Kereta Cepat Tetap Berjalan
Kereta Cepat dari Tiongkok-----Ant/Rivan Awal

Metrotvnews.com, Jakarta: Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi Mustofa Juraid memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tetap berjalan. Meskipun, banyak suara yang menolak proyek tersebut.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kata dia, bertindak hanya sebagai regulator yang mengurusi perizinan. Sementara skema bisnis secara operasional tidak melibatkan Kemenhub.

"Perhubungan hanya pada regulasi saja, pola kerja sama, skema bisnis secara operasional itu, kita tidak melibatkan perhubungan. Kita hanya regulasi perizinan, pelayanan, keselamatan saja," kata Hadi, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/10/2015).

Menurut Hadi, skala prioritas Kemenhub dalam proyek ini adalah perbaikan jalur-jalur kereta api dan reaktivasi sejumlah jalur agar bisa digunakan kembali. Seperti beberapa jalur di luar Jawa yakni: Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, bahkan dari Aceh hingga Lampung.

Ia mengatakan, sejumlah jalur sudah bisa digunakan seperti jalur kereta api Sukabumi-Bogor. Ke depannya reaktivasi jalur ini akan merambah ke wilayah-wilayah lain di luar Pulau Jawa. Bahkan, jalur kereta api juga akan dikoneksikan langsung ke pelabuhan. Supaya, kegiatan bongkar muat barang seperti kontainer bisa langsung menggunakan kereta api.

"Jalur yang ke pelabuhan desain awalnya memang terkoneksi dengan kereta api. Yang sudah bisa jalan itu di Tanjung Perak sudah bisa masuk kontainer, bisa langsung angkut ke kereta. Tahun ini Semarang kita upayakan, Tanjung Priok target kita 2016 sudah terkoneksi," katanya.


(TII)