Nyinden, Jati Diri Dewi Gita yang Sesungguhnya

Nia Deviyana    •    Sabtu, 03 Oct 2015 19:46 WIB
selebritas
Nyinden, Jati Diri Dewi Gita yang Sesungguhnya
Dewi GIta. (Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewi Gita pertama kali dikenal publik sebagai penyanyi pop. Namun, siapa sangka jika jiwa seni istri Armand Maulana ini adalah sinden.

"Jati diri saya sebenarnya adalah nyinden, sanggulan, pakai kebaya. Saya juga enggak senang disebut sebagai artis, saya sukanya disebut pekerja seni," ungkapnya di panggung Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Sabtu (3/10/2015).

Pemilik album Penari ini mengaku menyukai sinden sejak usianya masih 9 tahun. Saat itulah, ia mulai tertarik belajar nyinden.

"Sejak dengar, sudah mulai ada keinginan untuk belajar. Tapi nyatanya enggak gampang. Sekalipun bisa hanya beberapa lagu. Saya lebih suka nyinden lagu-lagu pop Sunda sih," akunya.

Gayung pun bersambut, sebuah acara di salah satu stasiun televisi membutuhkan seorang perempuan yang bisa sinden. Di sanalah Dewi menemukan kesempatan melakukan seni yang disukainya.

"Temen kuliah saya, yang biasa pegang gamelan kan tahu saya bisa nyinden, walaupun sedikit-sedikit. Dia yang merekomendasikan saya," kenang Dewi

Ibu satu anak ini pun senang, sinden tak tergerus zaman meski digempur budaya asing. Ia pun mengungkapkan kekagumannya pada Woro, anak perempuan 13 tahun yang berbakat nyinden. Woro juga merupakan pengisi album Di Atas Rata-Rata yang diproduseri Erwin Gutawa.

"Dulu saya sempat takut sinden akan hilang. Tapi itu enggak terbukti. Saya bangga sekali, untuk generasi muda kita punya Woro. Walaupun sinden kita alirannya beda, saya senang sekali dengan kehadiran dia," pungkasnya 


(LOV)