Review Peripheral

SteelSeries Stratus XL, Duet Utama Gamer Android dan Windows

Mohammad Mamduh    •    Sabtu, 03 Oct 2015 22:22 WIB
review peripheral
SteelSeries Stratus XL, Duet Utama Gamer Android dan Windows
SteelSeries Starus XL untuk Android dan Windows

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak banyak produsen perangkat gaming yang menciptakan cotroller khusus untuk platform mobile. Sejauh ini perhatian utama mereka memang tertuju kepada PC, disusul dengan konsol. Namun, potensi gaming kelas atas di platform mobile tetap ada, dan SteelSeries tampaknya sudah membidik platform tersebut. Setelah versi khusus untuk iOS, mereka pun meluncurkan controller gaming Stratus XL untuk Android dan Windows.

SteelSeries Stratus XL versi terbaru ini memang dapat tersinkronisasi dengan dua platform sekaligus. Desainnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu dibalut dengan warna hitam solid pada semua sisinya. Beberapa perbedaan dari segi desain yang bisa Anda lihat jelas adalah penyematan warna oranye pada bagian dalam tombol analog. Warna ini menurut saya cukup keren ketika terkena pencahayaan, dan membuat controller ini terlihat jelas.



Perbedaan kedua adalah layout tombol yang berbeda dengan Stratus XL versi iOS. Controller ini menyediakan 14 tombol perintah, lebih banyak 2 tombol dibanding versi iOS. Dua tombol tambahan terletak pada fungsi menu utama dalam bermain game, yang terletak di tengah antara D-Pad dan empat tombol utama A,B,X,Y. Kedua tombol ini adalah next dan previous, dilengkapi tombol home yang berfungsi untuk keluar dari permainan secara cepat.

Selebihnya, Stratus XL untuk Android & Windows menyediakan D-Pad, dua analog, L1, L2, R1, dan R2. Ada juga dua tombol tambahan yang berguna untuk mengetahui indikator baterai dan menyetel ulang koneksi Bluetooth. Sinkronisasi controller ini terhadap perangkat lain yang mendukung juga cukup cepat dan ringkas, tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Begitu terhubung, pengguna bisa memanfaatkan untuk menjalankan berbagai operasi, bahkan sebelum bermain game. Contoh mudahnya adalah menggeser panel pada tampilan utama alias home, atau menjalankan aplikasi tertentu dengan tombol A.

Stratus XL tentunya mempunyai fungsi utama untuk bermain game. Perlu diketahui bahwa jumlah game yang beredar di Android dan PC terbilang lebih banyak ketimbang iOS. Sayangnya, tidak semua game mendukung penggunaan controller.

Namun, beberapa developer ternama sudah mendukungnya. Oleh karena itu, Stratus XL untuk Android dan Windows bisa dimanfaatkan untuk bermain game kelas berat, mulai dari Asphalt 8 sampai Modern Combat 5.



Untuk notebook, gamer memang bisa memanfaatkan dengan bluetooth, tetapi untuk gamer PC, kecepatan memasukkan perintah sangatlah penting, dan kabel memiliki kecepatan transmisi yang jauh lebih baik ketimbang bluetooh. Stratus XL mendukung penggunaan kabel Micro USB yang terpasang di balik tempat baterai. Saat menggunakan kabel, Anda pastinya tidak lagi memerlukan baterai untuk menggunakan Stratus XL.

Terdapat dua kelemahan yang ada di Stratus XL untuk Android dan Windows. Pertama adalah ketiadaan kabel Micro USB pada paket penjualan. Anda bisa saja menggantinya dengan kabel yang sudah sering dipakai untuk mengisi smartphone. Kedua, harga yang dibanderol cukup mahal untuk sebuah controller.

Di sisi lain, SteelSeries tetap menjamin kualitas yang dimiliki Stratus XL. Oleh karena itu, jika Anda seorang gamer mobile kelas berat dan menginginkan sebuha controller yang tepat, Stratus XL masih menjadi pilihan.
 


(ABE)