Manchester City vs Newcastle United

City Bantai Newcastle, Aguero Borong Lima Gol

Patrick Pinaria    •    Sabtu, 03 Oct 2015 23:12 WIB
liga inggrismanchester city 2015--2016
City Bantai Newcastle, Aguero Borong Lima Gol
Sergio Aguero (Kanan) (Foto: AFP/Oli Scarff)

Metrotvnews.com, Manchester: Manchester City mengamuk saat menjamu Newcastle United pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris, Sabtu 10 Oktober. Meski sempat tertinggal, The Citizens berhasil menutup laga dengan kemenangan 6-1. Istimewanya, lima dari enam gol tersebut berhasil dicetak Sergio Aguero.

Menurut catatan statistik, City mampu menguasai bola sebanyak 64 persen berbanding 36 persen dari Newcastle. Bahkan, The Citizens tampil agresif di depan gawang tamunya.

Itu terbukti dari catatan 22 peluang dan 10 tembakan on target yang dilepaskan City pada babak pertama ini. Sementara itu, The Magpies hanya mampu menciptakan enam peluang dan empat tembakan on target.

City sudah menciptakan empat peluang berbahaya di awal babak pertama yang lahir dari upaya Kevin De Bruyne, Fernandinho, David Silva, dan Sergio Aguero. Tetapi, keempat peluang tersebut masih bisa dibendung Tim Kruul.

Meski tertekan, Newcastle tampak tenang menghadapi serangan tuan rumah. Mereka justru mampu memberikan ancaman yang berbahaya pada menit ke-13 lewat Aleksandar Mitrovic. Namun, ia gagal memanfaatkan peluang tersebut lantaran gagal menggapai umpan dari Mbabu.

Lima menit berselang, Newcastle membuat publik Etihad terkejut. Pasalnya, mereka berhasil mencuri keunggulan lewat Mitrovic. Striker asal Serbia tersebut membobol gawang Hart setelah memanfaatkan umpan dari Georginio Wijanaldum.

Newcastle tampak lebih percaya diri setelah unggul. Mereka menggempur pertahanan City kembali lewat peluang Mitrovic. Namun, tendangannya masih bisa dibendung Joe Hart.

City yang sempat tertekan perlahan bangkit. Aguero dan De Bruyne nyaris membuat City menyamakan kedudukan. Sayang, peluang keduanya belum tepat sasaran.

Upaya City akhirnya berbuah gol jelang tiga menit turun minum. Kali ini, Aguero sukses mencetak gol untuk Sky Blue setelah memanfaatkan umpan dari Fernandinho.

Laga semakin menarik. Kedua tim menciptakan peluang berbahaya yang diciptakan De Bruyne dan Wijnaldum. Tetapi, upaya keduanya juga belum mampu berbuah gol.

Kedua tim tidak lagi mencetak gol hingga babak pertama berakhir. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Tumpulnya di lini depan pada babak pertama membuat pelatih City Manuel Pellegrini melakukan perubahan di babak kedua. Ia menarik Raheem Sterling dan memasukkan Jesus Navas.

Masuknya Navas memberikan efek cukup signifikan di lini serang City. The Citizens semakin berbahaya di depan gawang Newcastle.

Alhasil, City berhasil unggul pada menit ke-49 lewat Aguero. Striker asal Argentina tersebut memanfaatkan umpan Silva dengan sepakan kaki kirinya.

Lagi! Hanya selang semenit, City kembali mencetak gol lewat pencetak yang sama yakni Aguero. Berawal dari umpan De Bruyne, Aguero yang berdiri tinggal berhadapan dengan Krul berhasil meneruskan umpan tersebut dengan tendangan lob.

City semakin agresif saja setelah mencetak gol. Mereka berhasil memperlebar keunggulan pada menit ke-53 yang kali ini dicetak Kevin De Bruyne. Ia sukses meneruskan umpan tarik dari Navas.

Kebobolan empat gol membuat pertahanan Newcastle panik. Mereka pun langsung melakukan perubahan di lini belakang dengan mengganti Kevin Mbabu dan memasukkan Jamal Lascelles.

Akan tetapi, pergantian itu seakan sia-sia. Pasalnya, Newcastle harus kembali kebobolan hanya dalam waktu dua menit, tepatnya pada menit ke-60 dan 62. Gol-gol tersebut itu diciptakan kembali oleh Aguero.

Pellegrini tampak sudah puas setelah timnya unggul 6-1. Ia pun langsung menarik Aguero yang berhasil mencetak lima gol pada laga ini dan memasukkan Wilfried Bony.

Namun, hal itu tak mengendurkan serangan City. Mereka berhasil menambah beberapa peluang mengancam yang diciptakan De Bruyne dan Bony, namun masih belum berbuah gol.

Hingga laga usai, kedua tim tidak lag menciptakan gol. Skor 6-1 untuk kemenangan City.

Dengan hasil ini, City berhasil kembali ke puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan mengoleksi 16 poin. Jumlah poin yang sama dengan Manchester United.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Manchester City: Hart (c); Zabaleta, Otamendi, Mangala, Kolarov; Fernandinho, Fernando; De Bruyne, Silva, Sterling; Aguero.

Newcastle United: Krul; Janmaat, Mbemba, Coloccini (c), Mbabu; Sissoko, Anita, Gouffran, Wijnaldum; Perez, Mitrovic.


(PAT)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA