Tenis

Juara Wuhan Terbuka, Venus Sabet Gelar WTA ke-47

Rendy Renuki H    •    Sabtu, 03 Oct 2015 23:37 WIB
tenis
Juara Wuhan Terbuka, Venus Sabet Gelar WTA ke-47
Venus Williams (Foto: AFP PHOTO / FRED DUFOUR)

Metrotvnews.com, Wuhan: Petenis putri Amerika Serikat (AS) Venus Williams sukses menyabet gelar WTA
ke-47 nya usai keluar sebagai juara Wuhan Terbuka 2015 di Tiongkok, Sabtu 3 Oktober. Venus meraih gelar terbesarnya dalam lima tahun terakhir setelah mengalahkan runner-up Wimbledon, Garbine Muguruza.

Petenis 35 tahun itu memimpin 6-3 dan 3-0 atas Muguruza sebelum petenis Spanyol itu mengundurkan diri karena cedera. Hal itu membuat Venus secara otomatis meraih gelar di tengah permainan terbaiknya usai memenangi lima partai terakhir secara beruntun.

Williams yang simpatik memberi hiburan kepada Muguruza yang menyingkirkan Angelique Kerber asal Jerman. "Selamat kepada Garbine yang menembus final. Saya tahu Anda menjalani pertandingan berat kemarin," ucap Venus.

"Tidak mudah ketika Anda tak memainkan permainan terbaik Anda, dan saya mungkin tidak memiliki peluang jika Anda bermain baik," lanjut kakak kandung petenis Serena Williams ini. 

Muguruza bertukar pukulan dengan Williams sepanjang sebagian besar set pertama, namun tiba-tiba menurunkan level permainannya setelah game ketujuh. Petenis 21 tahun itu kalah pada lima game berikutnya sebelum memberi sinyal bahwa ia tidak dapat meneruskan permainan.

"Ini merupakan hari yang buruk," ucap Muguruza. "Saya sangat menyesal saya harus mengundurkan diri pada hari ini, namun saya menjalani pekan yang menakjubkan di sini di Wuhan," sambungya.

"Saya benar-benar ingin memberi selamat kepada Venus. Ia selalu merupakan petenis tangguh dan ia juga menjalani pekan yang hebat. Tentu saja kami akan segera kembali bermain, dan itu akan menjadi pertandingan berat, tentu saja," tutup Muguruza.

Saat ini, Muguruza berpeluang naik ke peringkat kelima dunia saat daftar peringkat yang baru dirilis pada Senin 5 Oktober besok. Williams akan naik dari posisi ke-24 menuju 14 setelah mendulang gelar WTA perdananya sejak Auckland pada Januari, dan ajang utama level 5 pertamanya sejak Dubai dalam rentang waktu lima tahun. (Ant)


(REN)