HGU Lahan Terbakar Dipertimbangkan untuk Dicabut

Renatha Swasty    •    Minggu, 04 Oct 2015 02:43 WIB
kebakaran hutankebakaran lahan
HGU Lahan Terbakar Dipertimbangkan untuk Dicabut
Kebakaran hutan. (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)

Metrotvnews.com, Palembang: Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan akan mengevaluasi Hak Guna Usaha (HGU) lahan yang terbakar di Sumatera dan sekitarnya. Ferry tak segan mencabut HGU lahan yang tidak dikelola dengan baik oleh pemiliknya.

"Hak Guna Usaha (HGU) pada lahan yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan terbakar oleh pemiliknya sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana kabut asap di wilayah Sumatera Selatan dan beberapa provinsi lainnya akan dievaluasi untuk dipertimbangkan pencabutannya," kata Ferry dilansir dari Antara, Minggu (4/10/2015).

Ferry mengatakan, berdasar laporan Kepala BPN Sumsel terdapat 2.412 hektare lahan terbakar di provinsi itu. HGU lahan yang terbakar sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin.

Pihaknya, akan mengevaluasi HGU di dua wilayah itu. Jika terbukti lahan sengaja dibakar atau dibiarkan terbakar, Ferry menegaskan bakal mencabut HGU.

"Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan masalah kabut asap segera diatasi dengan baik dan diharapkan pemegang HGU dapat memanfaatkan dan menjaga lahannya secara maksimal," pungkas Ferry. 
 


(REN)