Indef: Investor Lama Harus Diberikan Insentif Fiskal

   •    Minggu, 04 Oct 2015 11:41 WIB
investor
Indef: Investor Lama Harus Diberikan Insentif Fiskal
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengharapkan pelaku usaha yang sudah ada atau existing investor bisa diberikan insentif fiskal oleh pemerintah; sehingga biaya produksi yang dikeluarkan oleh pelaku usaha dapat ditekan.

"Pemberian insentif fiskal tersebut bisa dijadikan salah satu kebijakan untuk existing investor yang bisa dimasukkan dalam kebijakan ekonomi selanjutnya atau paket III," kata peneliti  ekonomi Indef Imaduddin Abdullah sebagaimana dikutip dari Antara Minggu (4/10/2015).

Lebih lanjut, Imaduddin mengatakan dengan ditekannya biaya produksi karena pemberian insentif fiskal, dapat menjadi solusi terhadap fenomena PHK yang salah satunya ongkos produksi yang tinggi, padahal permintaan produk di masyarakat masih rendah.

"Ongkos produksi yang bisa ditekan dan harga suatu produk bisa lebih murah sehingga dapat menjadi jawaban untuk daya beli masyarakat," ujarnya.

Pemberian insentif tersebut, lanjut Imaduddin, dapat difokuskan pada industri yang berorientasi ekspor, industri dengan aliran Penanaman Modal Asing (PMA) yang besar dan industri dengan penyerapan tenaga kerja yang besar. Pada industri berorientasi ekspor, insentif tersebut dapat dalam bentuk penurunan bea keluar, tax  allowance maupun melalui pembiayaan ekspor.

"Sedangkan untuk industri dengan aliran PMA yang besar, insentif fiskal tersebut untuk meningkatkan capital inflow sehingga menambah menambah dolar di pasar domestik," katanya.

Selain itu, dengan pemberian insentif fiskal tersebut, pemerintah juga akan mempunyai senjata untuk menurunkan beban produksi perusahaan domestik.

"Misalnya dengan menyesuaikan harga yang diatur oleh pemerintah (administered price) seperti harga tarif dasar listrik non subsidi," ujarnya.

 


(SAW)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA