Festival Nasional Tari Tradisi, Tingkatkan Minat Budaya Nasional

Putu Radar Bahurekso    •    Minggu, 04 Oct 2015 11:54 WIB
kultur
Festival Nasional Tari Tradisi, Tingkatkan Minat Budaya Nasional
Festival Nasional Tari Tradisi (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia negeri yang kaya budaya. Keragaman masyarakatnya membuat Indonesia memiliki berbagai macam karya seni dan budaya.

Namun, belum banyak orang mengetahui beragam karya seni dan budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Terutama dalam dunia tari.

Selain berupa hiburan atau ritual, sebenarnya banyak nilai-nilai yang tertanam dalam sebuah karya tari tradisional.

Oleh karena itu, diselenggarakan Festival Nasional Tari Tradisi di Teater Bhinneka Tunggal Ika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Festival ini diikuti oleh penampilan dari 34 provinsi di Indonesia.

"Banyaknya tarian tradisi yang kita kenal saat ini dibawakan saat upacara ritual, presentasi, estetis, atau hiburan semata. Tari tradisi ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembangun karakter bangsa melalui konsep dan nilai-nilai budayanya," ujar Direktur Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kacung Marijan.



Acara ini bertujuan agar masyarakat Indonesia lebih memahami akar budaya nasional dan semakin memiliki keinginan untuk melestarikan.

"Melalui festival ini, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menyaksikan tontonan yang memiliki nilai edukasi yang baik. Kami berharap agar acara ini mampu mendorong masyarakat untuk berperan aktif mengembangkan dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur budaya dalam kehidupan," lanjut Marijan.

Dengan diselenggarakannya festival ini diharapkan menjadi wadah yang mengapresiasi para pelaku seni tradisi di berbagai daerah. Serta membantu pelaku seni dalam mengembangkan potensi, sehingga di masa mendatang tari tradisi bisa memberi kontribusi positif bagi kekayaan budaya  Indonesia.

Festival ini akan berlansung dua hari, 3 dan 4 Oktober 2015. Festival ini bersifat selebrasi dan dibuka untuk umum tanpa dipungut budaya.


(ROS)