Serangkaian Ledakan di Nigeria Tewaskan 15 Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Oct 2015 12:00 WIB
boko haram
Serangkaian Ledakan di Nigeria Tewaskan 15 Orang
Seorang polisi berdiri di dekat mobil yang rusak terkena ledakan bom di Nyanya, Nigeria, Sabtu (3/10/2015). (Foto: AFP / STRINGER)

Metrotvnews.com, Lagos: Serangkaian ledakan di dua lokasi di Abuja, Nigeria, menewaskan sedikitnya 15 orang, Sabtu (3/10/2015). 

Ledakan terjadi di Nyanya dan Kuje, wilayah pinggiran Abuja. Juru bicara Agensi Manajemen Darurat Nasional Sani Datti mengatakan 13 orang tewas terkena ledakan di Kuje dan dua lainnya di Nyanya. Serangkaian ledakan ini juga melukai 41 orang. 

Belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab, tapi serangan serupa kerap dilakukan grup ekstremis Boko Haram. 

Aksi kekerasan yang dilancarkan Boko Haram sejak enam tahun terakhir telah menewaskan hampir 20 ribu orang dan membuat 1,4 juta lainnya kehilangan tempat tinggal. 

Sedikitnya 1000 orang meninggal dunia akibat aksi kekerasan sejak Muhammadu Buhari menjadi Presiden Nigeria pada awal 2015. Presiden Buhari bertekad menghabisi Boko Haram dan grup ekstremis lainnya. 

Dalam serangan terbaru, Presiden Buhari mengutuk keras dan berkomentar: "Sudah jelas ini bukan aksi kekerasan berdasarkan ideologi. Ini adalah pertempuran antara pasukan perdamaian dengan pasukan kejahatan."

"Mereka (ekstremis) punya masalah apa dengan warga Nyanya? Masalah apa dengan warga tak berdosa di pasar Maiduguri, Yola dan Kuje?" tanya Sang Presiden geram.


(WIL)