RS di Afghanistan Terkena Serangan Udara, 19 Tewas

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Oct 2015 12:48 WIB
konflik afghanistan
RS di Afghanistan Terkena Serangan Udara, 19 Tewas
Rumah Sakit MSF di kota Kunduz, Afghanistan, Sabtu (3/10/2015), terbakar dan hancur terkena serangan udara. (Foto: AFP / MSF)

Metrotvnews.com, Kabul: Serangan udara menghancurkan sebuah rumah sakit di kota Kunduz, Afghanistan, Sabtu (3/10/2015) dan menewaskan sedikitnya 19 orang. 

Ledakan membuat sebagian RS Doctors Without Borders (MSF) terbakar dan rata dengan tanah. Serangan ini menewaskan 12 staf RS dan tujuh pasien, termasuk tiga anak-anak, serta melukai 37 lainnya. 

"(Bombardir) ini merupakan pelanggaran serius dari hukum kemanusiaan internasional," ucap perwakilan MSF, seperti dikutip CNN. 

"Banyak pasien dan staf yang masih belum dihitung, apakah ikut menjadi korban atau tidak. Jumlah korban mungkin bertambak," sambung MSF. 

Kondisi kejadian belum dapat dipastikan, namun militer Amerika Serikat tengah melancarkan serangan udara di Kunduz di waktu yang sama dengan hancurnya RS MSF. 

Militer AS menyelidiki apakah pesawat AC-130, yang sedang beroperasi dalam menggempur Taliban dari udara, bertanggung jawab dalam serangan ini. 


(WIL)