Putusan Bebas Sudjiono Timan Bencana bagi Penegakan Hukum

- 22 Agustus 2013 22:16 wib
Ist
Ist

Metrotvnews.com, Jakarta: Putusan bebas buron terpidana korupsi Sudjiono Timan dinilai sebagai bencana bagi penegakan hukum di Indonesia.

Keluarnya putusan Peninjauan Kembali (PK) yang membebaskan buronan terpidana korupsi Sudjiono Timan dinilai sebagai bencana bagi penegakan hukum di Indonesia. Pasalnya, PK dari MA tersebut dikeluarkan saat Sudjiono sedang melarikan diri dari hukuman yang harus diterimanya.

"Kok bisa orang melanggar hukum diterima permohonannya. Ini dagelan namanya," kata pengamat hukum acara pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakir dan pengamat hukum acara pidana Universitas Trisakti Yenti Ganarsih ketika dihubungi secara terpisah, Kamis (22/8).

Menurut Mudzakir, sesuai dengan prosedur formal seorang buronan tidak bisa mengajukan PK. "PK tidak bisa diwakilkan. Artinya begitu PK diajukan, MA harusnya tidak bisa memproses," ujarnya.

Baik Mudzakir dan Yenti sepakat bahwa keluarnya putusan bebas ini membuat wibawa Mahkamah Agung dipertanyakan. Apalagi, putusan ini dikeluarkan setelah keluarnya Surat Edaran MA (SEMA) No.1/2012 tentang Pengajuan Permohonan Peninjauan Kembali dalam Perkara Pidana.

"Permasalahan ada di tubuh MA. Masak kebijakan institusi dilanggar hakim agungnya sendiri. Hukum kan juga ada moralnya," pungkas Yenti. (Emir Chairullah)

()

Rapimnas PPP Minta Klarifikasi SDA

19 April 2014 20:39 wib

RAPIMNAS PPP akan mempertanyakan kunjungan Suryadharma Ali dalam kampanye akbar Partai Gerindra.