NVIDIA Bantu Ciptakan Mikroskop Canggih di Australia

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 04 Oct 2015 15:44 WIB
nvidia
NVIDIA Bantu Ciptakan Mikroskop Canggih di Australia
Ruangan CAVE 2 yang digunakan untuk memvisualisasikan objek dari mikroskop (NVIDIA)

Metrotvnews.com: Monash University yang berlokasi di Melbourne, Australia, telah berhasil membangun sebuah mikroskop baru yang dapat menangkap dan memproses data sehingga peneliti dapat menganalisis dan berinteraksi dengan data divisualisasikan dalam bentuk 2D atau 3D.

Mikroskop bernama Synchrotron adalah sebuah mikroskop yang sangat kuat dan dapat membuat model 3D dari objek yang diamatinya dengan detail yang lebih baik.

Mikroskop tersebut tidak bekerja sendirian, ia dibantu sebuah superkomputer bernama MASSIVE atau Multi-modal Australian ScienceS Imaging and Visualisation Environment. Data dari mikroskop tersebut dikirimkan ke MASSIVE untuk kemudia diproses menjadi sebuah gambar digital dan divisualisasikan dalam sebuah ruangan khusus bernama CAVE 2 (Cave Automatic Virtual Environment 2) dalam bentuk 2D atau 3D.

Kemampuan MASSIVE dalam membuat visualisasi objek yang ditangkap oleh mikroskop tersebut diharapkan dapat membantu berbagai proyek sains di Australia.

Superkomputer MASSIVE merupakan salah satu superkomputer yang menggunakan hardware dari NVIDIA, yaitu NVIDIA Tesla. Selain itu, ruangan visualisasi CAVE 2 juga menggunakan kartu grafis NVIDIA Quadro sebagai platform pemrosesan grafisnya. NVIDIA juga membantu dalam hal akses jarak jauh serta cloud computing pada ekosistem MASSIVE dan CAVE 2 melalui teknologi NVIDIA GRID.


(ABE)