Fuad Bawazier: Paket Ekonomi Tunjukkan Rasa Frustrasi Pemerintah

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 04 Oct 2015 16:54 WIB
ekonomi indonesia
Fuad Bawazier: Paket Ekonomi Tunjukkan Rasa Frustrasi Pemerintah
Fuad Bawazier. MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Orde Baru Fuad Bawazier menilai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai bentuk kefrustrasian dalam menghadapi kondisi perekonomian saat ini.

"Badai (masalah ekonomi global dan nilai tukar rupiah) pasti berlalu. Artinya, pemerintah tidur dan tidak bekerja juga badai pasti berlalu. Tapi kondisi ekonomi dalam negeri dan masyarakat semakin berbahaya," tuturnya di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (4/10/2015).

Selain itu, apologi pemerintah yang mengatakan jika perekonomian Indonesia merupakan dampak masalah ekonomi dunia justru mengibaratkan paket yang dibuat pemerintah hanya sebagai kambing hitam.

"Kemudian pemerintah selalu mengatakan kita rumuskan paket, itu artinya mereka sudah frustasi. Karena paket itu kan pondasi jangka panjang," jelas dia.

Dirinya berharap, pemerintah bisa segera merumuskan kebijakan yang efeknya jangka pendek dan langsung dirasakan oleh masyarakat tanpa harus menyalahkan kondisi global yang diliputi ketidakpastian.

"Lebih baik pikirkan bagaimana kebijakan itu menjadi efektif. Jadi pikirkan kebijakan apa saja yang langsung efektif didapat masyarakat," sambung dia.


(SAW)