Mahalnya Harga Gas Industri Buat Indonesia Sulit Bersaing

Husen Miftahudin    •    Senin, 05 Oct 2015 11:52 WIB
gas
Mahalnya Harga Gas Industri Buat Indonesia Sulit Bersaing
Illustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat energi dari Energy Watch Indonesia, Mamit Setiawan mengungkapkan, harga gas nasional saat ini membuat industri dalam negeri tak mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya. Pasalnya, harga gas industri di Indonesia saat ini sebesar USD9-10 per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU).

Ia mengungkapkan, harga gas industri di negara ASEAN lainnya seperti Singapura sekitar USD4-5 per MMBTU. Sementara itu, harga gas industri di Malaysia USD4,47 per MMBTU, Filipina USD5,43 per MMBTU dan Vietnam sekitar USD7,5 per MMBTU.

Menurut Mamit, mahalnya gas industri Indonesia ada beberapa hal. Pertama, sebut dia, karena pembelian harga gas dari hulu atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) perusahaan minyak sudah tinggi, yakni sebesar USD6-8 per MMBTU.

Kedua, dengan luasnya area kepulauan Indonesia membuat pembangunan infrastruktur membutuhkan investasi yang cukup mahal. Jadi investor, dalam hal ini badan usaha niaga pasti akan memasukkan investasi dalam salah satu komponen harga mereka.

"Walaupun saat ini harga gas bumi sebenarnya otonom, tetapi tetap dikendalikan oleh pemerintah," jelas Mamit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Ketiga, adanya Permen Nomor 19 Tahun 2009 tentang kegiatan gas bumi melalui pipa membuat Permen tersebut diduga menghasilkan badan usaha niaga atau trader yang hanya bermodalkan kertas tanpa ada kewajiban ataupun keinginan untuk mengembangkan infrastruktur.

Menurut Mamit, badan usaha niaga cenderung memanfaatkan jalur pipa yang sudah existing dengan hanya membayar toll fee kepada pemilik pipa. Ini yang menyebabkan infrastruktur pipanisasi dari 2010-2014 cenderung stagnan dan tidak ada investasi lagi.

"Para pemilik pipa existing juga tidak mau membangun, karena mereka merasa rugi karena hanya mendapatkan toll fee dan service fee," pungkas Mamit.

 


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA