Bangun Bandung Juara, Emil: Peran TNI Sangat Penting

Roni Kurniawan    •    Senin, 05 Oct 2015 14:10 WIB
hut tni
Bangun Bandung Juara, Emil: Peran TNI Sangat Penting
Emil bersama jajaran Kodim 1608/BS Kota Bandung berpose usai upacara HUT TNI ke-70. Senin (5/10/2015). MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pemeritah Kota Bandung berharap Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendukung dan menyinergikan berbagai progam yang dicanangkan dalam rangka menuju Bandung Juara. Demikian disampaikan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai menghadiri upacara HUT TNI ke-70 di Lapangan Makodim 1608/BS Jalan Bangka No 2, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut pria yang akrab disapa Emil, peran TNI sangat penting sebagai penunjang pembangunan. TNI yang lahir dari masyarakat harus lebih memerhatikan kembali asal muasal mereka selain bertugas menjaga ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita fokus sesuai kebutuhan, pembangunan fisik kadang-kadang butuh turun ke wilayah-wilayah. Kalau terkait keamanan, kita sinergikan dengan aparat keamanan agar tujuan Bandung Juara bisa disinergikan dengan TNI. Jadi peran TNI disini juga sangat penting," ujar Emil, Senin (5/10/2015).

Diakui Emil, saat ini peran TNI sudah terasa dengan adanya berbagai kegiatan terkait pembangunan masyarakat di Kota Bandung. Seperti melakukan kerja bakti bersama  masyarakat untuk membersihkan aliran sungai yang melintasi Kota Bandung, termasuk Sungai Cikapundung.

"Di kegiatan non-perang, bantuan teritorialnya sangat luar biasa seperti membersihkan sungai, gotong royong, bahkan membantu kegiatan Pemkot menertibkan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) dan lain-lain. Yang ujung-ujungnya menjaga kondusifitas, keamanan, dan kenyamanan kota," imbuhnya.

Selain itu, sesuai dengan teks pidato Presiden Joko Widodo yang dibacakannya pada upacara tersebut, Emil meminta TNI lebih dekat dengan rakyat.

"Tadi saya bacakan pesan Presiden, yang paling penting TNI itu lahir dari rakyat, harus dekat dan jangan berseberangan dengan rakyat," pungkas Emil.


(SBH)