6 Penyakit Mematikan yang Dipicu Gaya Hidup Tidak Sehat

   •    Senin, 05 Oct 2015 16:47 WIB
kesehatan
6 Penyakit Mematikan yang Dipicu Gaya Hidup Tidak Sehat
Obesitas memicu timbul masalah pernapasan, tekanan darah, penyakit jantung, dan diabetes (Foto:Mirror)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang muncul istilah baru dalam dunia kesehatan, yakni "penyakit gaya hidup."

Sesuai namanya, penyakit ini diakibatkan gaya hidup yang salah. Yang termasuk kategori penyakit ini adalah jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes.

Sekira 14,2 juta orang yang berusia 30-69 tahun di dunia meninggal setiap tahun karena penyakit ini.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengembangkan penyakit ini, seperti merokok, makanan yang tidak sehat, dan kurang aktivitas fisik.

Berikut, kami beberkan apa saja yang termasuk jenis penyakit gaya hidup.

1. Kegemukan
Kebiasan menyantap makanan yang tidak sehat dengan porsi besar dan tidak dibarengi olahraga dapat menyebabkan obesitas. Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung mengidap masalah pernapasan, tekanan darah, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 disebabkan lemahnya insulin dalam tubuh sehingga membuat lonjakan gula darah naik pesat. Umumnya yang mengidap adalah orang dewasa, walau ada juga kasus menimpa anak kecil.

3. Jantung
Penyakit jantung mengacu pada kelainan yang memengaruhi otot jantung dan dinding pembuluh darah. Penyebab utamanya merokok, diabetes, dan kolesterol tinggi. Jumlah pengidap penyakit jantung di Indonesia termasuk yang terbanyak di dunia.

4. Hipertensi
Hipertensi (darah tinggi) dipicu berbagai alasan, seperti stres dan terlalu banyak konsumsi garam. Hipertensi berbahaya karena bisa memunculkan berbagai penyakit mematikan lainnya bagi penderita.

5. Kanker
Pada 2011, hampir 6 juta orang meninggal karena kanker. Penyakit kanker bukan masalah sepele. Sel-sel kanker bisa berkembang biak dengan cepat pada tubuh, yang berpotensi menyebabkan kematian pada pengidapnya.

6. Stroke
Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke otak mengalami penyumbatan. Akibatnya, asupan oksigen berkurang di area otak sehingga melumpuhkan bagian tersebut. Studi di India menunjukkan bahwa 15 persen stroke menyerang orang di bawah usia 40 tahun. (Sumarni/Times of India)


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA