Harga Gas Nasional Tidak Terpengaruh Harga Minyak Dunia

Annisa ayu artanti    •    Senin, 05 Oct 2015 17:41 WIB
gas
Harga Gas Nasional Tidak Terpengaruh Harga Minyak Dunia
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya mengatakan naik atau turunnya harga minyak dunia tidak mempengaruhi harga gas nasional untuk industri.

Dirinya mengakui, selama ini banyak masyarakat yang menilai ketetapan harga gas nasional harus disesuaikan dengan harga minyak dunia. Namun, menurutnya, meskipun harga minyak dunia berfluktuasi, harga gas nasional akan tetap tidak mengalami perubahan.

"Banyak orang merasa ketika minyak dunia turun, harga gas tidak turun. Pada saat harga minyak dunia naik, harga gas juga tidak naik. Tetep segitu harganya untuk gas dalam negeri kan," ujar Hendra Jaya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekenomian, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2015).

Ia juga tidak menampik bahwa masyarakat menginginkan harga gas nasional turun begitu harga minyak dunia mengalami penurunan juga. " ada saat minyak turun maunya harga gas juga turun. Itu kan intinya," ungkap Hendra.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, tingginya harga gas dalam negeri menyebabkan daya saing industri galangan kapal nasional melempem di mata negera-negara lain. Menurutnya, harga gas dalam negeri menyesuaikan harga minyak dunia.

"Harga internasional itu, kalau harga minyak turun, pasti gas pasti turun. Kalau minyak naik, ya naik gasnya," kata Ignasius.

 


(SAW)