Indonesia Terbelenggu Banyaknya Regulasi

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 06 Oct 2015 11:32 WIB
perizinan
Indonesia Terbelenggu Banyaknya Regulasi
Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil -- FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil menggambarkan keadaan Indonesia saat ini seperti sedang dirantai oleh regulasi.

Sebagai negara hukum, Indonesia tidak terlepas dari pembentukan regulasi. Namun semakin banyaknya regulasi, menyebabkan Indonesia seperti dikekang. Sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Indonesia dirantai regulasi yang menyebabkan cost mahal dan inisiatif rakyat tersendat. Seperti asosiasi ekspor, upaya untuk ekspor habis waktunya untuk melawan regulasi dan melawan birokrasi dari pada peningkatan ekspor," ujar Sofyan, dalam peluncuran buku Strategi Nasional Reformasi Regulasi, di Kantor Pusat Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Hal ini dapat terlihat pada periode 2000-2015, pemerintah telah menertibkan 12.471 regulasi. Dari total tersebut, paling banyak regulasi yang diterbitkan dalam bentuk peraturan setingkat menteri, yakni 8.331 regulasi, selanjutnya peraturan pemerintah sebanyak 1.386 regulasi.

Sedangkan di tingkat daerah, pada periode 2005-2015, terdapat 3.177 Peraturan Daerah (Perda) tingkat provinsi dan 25.575 Perda di tingkat Kabupaten/Kota. "Untuk itu regulasi dan birokrasi harus diubah, make it simple. Kalau make it simple, maka cost bagi masyarakat berkurang, kreativitas tersalurkan, potensi bangsa bisa diwartakan," lanjut Sofyan.

Dia mengungkapkan, biaya yang sangat mahal lantaran banyaknya regulasi, menyebabkan pertumbuhan manufaktur berkurang signifikan. Oleh sebab itu, ia menginginkan agar kedepannya regulasi dan birokrasi dapat segera disederhanakan untuk membantu pertumbuhan ekonomi.

"Upaya ini diharapkan menjadi jalan keluar dari salah satu permasalahan yang dihadapi Indonesia dalam mencapai sasaran pembangunan. Dengan begitu, maka tujuan bernegara dapat tercapai," pungkasnya.


(AHL)

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

16 minutes Ago

KPK akan menghadirkan tiga ahli dalam lanjutan sidang praperadilan Setya Novanto di Pengadilan …

BERITA LAINNYA