Pimpinan DPR Nilai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II Bukan Solusi

Meilikhah    •    Selasa, 06 Oct 2015 12:08 WIB
paket kebijakan ekonomi
Pimpinan DPR Nilai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid II Bukan Solusi
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto---Ant/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai paket kebijakan ekonomi jilid II bukan solusi. Paket tersebut diluncurkan pemerintah untuk membangkitkan kembali perekonomian Indonesia yang lesu.

"Kami menyambut baik dorongan paket kebijakan. Tapi memang belum bisa jadi obat mujarab, karena belum memenuhi substansi yang dibutuhkan. Yang ada ekonomi terpuruk," kata Agus di Komplek Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Agus mengakui, paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah bukan solusi jangka pendek yang kini dibutuhkan masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah. Paket kebijakan lebih pada solusi jangka menengah dan panjang yang berorientasi pada penanaman modal dan investasi dari pengusaha.

Dia berharap, paket kebijakan ekonomi pemerintah juga bisa memberikan solusi bagi pembangunan infrastruktur yang tak hanya membebani anggaran pendapatan dan belanja negara. Tapi juga bisa menarik swasta untuk membangun bersama.

"Kami menyarankan tetap fokus, paket kebijakan tetap berjalan, sudah bagus karena untuk jangka panjang. Kalau bisa pembangunan infrastruktur jangan hanya dibiayai APBN, tapi dilibatkan swasta BUMN agar difokuskan untuk perbaikan ekonomi," jelasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengeluarkan empat hal dalam Paket Ekonomi Jilid II, Selasa, 29 September. Keempatnya mencakup prosedur lanjutan SIP tentang tax allowance dan tax holiday, penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2015 tentang insentif pajak pertambahan nilai (PPN), PP pembentukan pusat logistik berikat, dan insentif pengurangan pajak bunga deposito.

(Baca: Kemenkeu Keluarkan 4 Hal di Paket Kebijakan Ekonomi Tahap Kedua)


(TII)

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

15 minutes Ago

KPK akan menghadirkan tiga ahli dalam lanjutan sidang praperadilan Setya Novanto di Pengadilan …

BERITA LAINNYA