DPRD Kota Cirebon Klaim Keberhasilan Perda Kawasan Tanpa Rokok

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 06 Oct 2015 12:15 WIB
rokok
 DPRD Kota Cirebon Klaim Keberhasilan Perda Kawasan Tanpa Rokok
Wakil Pansus Perda KTR Kota Cirebon, Doddy Ariyanto. MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang disahkan pada pertengahan September lalu dianggap oleh DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat telah membuahkan hasil.

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Perda KTR, Doddy Ariyanto, mengatakan, meskipun baru tahap sosialisasi, perubahan dan perbaikan sudah bisa ditemukan di beberapa kantor instansi Pemerintahan Kota Cirebon.

"Salah satunya, ya di gedung dewan ini, sekarang sudah ada jalan dan tempat khusus untuk merokok. Anggota dewan juga sudah mulai terbiasa tidak merokok ketika sedang sidang,” jelas Doddy kepada Metrotvnews.com, Selasa (6/10/2015).

Terkait sanksi untuk pelanggar, dokter sekaligus anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon ini mengatakan pihaknya masih menunggu selesainya tahap sosialisasi yang disepakati akan dijalankan selama satu tahun.

"Sekarang masih tahap sosialisasi, seperti pemasangan pamflet dan atribut lainnya untuk menjelaskan penerapan Perda KTR dan kawasan mana saja yang masuk dalam Perda KTR,” pungkas Doddy.

Perda KTR mengatur kawasan tanpa rokok yang meliputi kegiatan pengkonsumsi, penjual, hingga promosi. Aturan itu menetapkan empat kawasan bebas rokok secara murni, yakni tempat pendidikan, kesehatan, ibadah, dan tempat bermain anak-anak.
 


(SBH)