Akibat Bongkar Muat Batu Bara, Udara Cirebon Berbahaya

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 06 Oct 2015 13:50 WIB
pelindo
Akibat Bongkar Muat Batu Bara, Udara Cirebon Berbahaya
Pintu masuk Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Aktivitas bongkar muat batu bara di pelabuhan Cirebon, Jawa Barat (Jabar) menyumbang polusi udara yang cukup besar. Debu akibat aktivitas bongkar muat tersebut beterbangan dan mengganggu aktivitas warga hingga puluhan kilometer.

Ketua Divisi Advokasi Tambang dan Energi Walhi Jabar, Dwi Sawung mengungkapkan, kondisi udara di Kota Cirebon sudah masuk level bahaya.

Menurutnya, kesimpulan tersebut setelah Walhi Jabar melakukan kunjungan langsung ke tempat bongkar muat dan permukiman masyarakat yang terkena dampak debu batu bara.

“Debu batu bara yang dihasilkan dari aktivitas bongkar muat, dengan mata telanjang bisa terlihat. Ini sangat membahayakan. Hingga jarak 2 kilometer masih terdampak dan masuk level bahaya,” kata Sawung, Selasa (6/10/2015).

Untuk antisipasi awal, dirinya menyarankan warga yang beraktivitas di wilayah terdampak debu menggunakan masker. Masker yang digunakanpun diharapkan bertipe N95 sehingga bisa menahan partikel debu batu bara, yang tak bisa ditangkal masker biasa.

Anggota Komisi C DPRD Kota Cirebon Doddy Ariyanto, meminta kepada PT Pelindo II untuk membuktikan jika aktivitas yang berada di wilayahnya tidak berdampak ke masyarakat. 

Menurutnya, jika pihak Pelindo atau pihak terkait lainnya tidak mau disalahkan dalam masalah ini, buktikan bahwa permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat bukan bersumber dari aktivitas bongkar muat batu bara.

“Misalkan seluruh warga yang sesak nafas dan batuk difasilitasi untuk berobat, sekaligus dibuktikan secara medis apakah itu memang berasal dari debu batu bara atau bukan,” kata Doddy.

Menurutnya, jika semua pihak bisa duduk bersama dan membicarakan tentang permasalahan ini dengan baik-baik. Masalah debu batu bara ini tidak berlarut-larut hingga seperti saat ini.


(SAN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA