Review VGA

MSI Radeon R7 370 Gaming 4G, Kurang Memuaskan

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 06 Oct 2015 14:03 WIB
review kartu grafis
MSI Radeon R7 370 Gaming 4G, Kurang Memuaskan
MSI Radeon R7 370 Gaming 4G

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan kartu grafis merupakan solusi utama bagi para gamer agar dapat memainkan game yang memiliki kualitas grafis tinggi di PC. Saat ini, kartu grafis telah menjadi barang wajib yang harus menempel di sebuah PC para gamer. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar game PC ternama yang ada saat ini memiliki kualitas grafis yang tidak mampu dijalankan dengan lancar oleh chip grafis yang terintegrasi dengan prosesor.

Salah satu kartu grafis yang ada di pasaran saat ini, yaitu MSI Radeon R7 370 Gaming 4G mencoba menawarkan pengalaman bermain game yang maksimal dengan harga di kisaran Rp3,3 juta. Dibekali dengan chip grafis Radeon 300 Series serta VRAM sebesar 4 GB, tentunya kartu grafis ini telah cukup untuk menjalankan berbagai game terbaru dengan kualitas gambar yang tinggi. Namun bagaimana dengan framerate-nya?



Dari serangkaian pengujian yang kami lakukan, kartu grafis ini memang memiliki performa yang cukup lumayan untuk kartu grafis di kelasnya. Pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike pada kartu grafis ini menghasilkan skor sebesar 4293 poin. Skor yang cukup bagus untuk kartu grafis kelas menengah seperti halnya pesaingnya yang pernah kami ulas sebelumnya, yaitu Sapphire NITRO R7 370.

Sayangnya dalam pengujian game yang kami lakukan, kami menemukan bahwa kartu grafis ini memiliki fluktuasi framerate yang lebih tinggi ketimbang pesaingnya di atas, meskipun angkanya tidak terlalu signifikan. Hal tersebut terlihat pada beberapa game yang menjadi platform pengujian kami, salah satunya adalah GTA V. 



Baik pada mode MSAA diaktifkan maupun di non-aktifkan, MSI Radeon R7 370 Gaming 4G terpantau memiliki minimum framerate yang lebih kecil dan maximum framerate yang lebih besar. Hal tersebut membuktikan bahwa framerate kartu grafis ini lebih tidak stabil dari kompetitornya.

Tidak hanya itu, di beberapa game kartu grafis ini juga kalah dalam hal rata-rata framerate yang disajikannya. Di GTA V misalnya, pada mode MSAA diaktifkan selisih rata-rata framerate kartu grafis ini dengan kompetitornya mencapai 9 fps. meskipun demikian, di pengujian game Final Fantasy XIV kartu grafis ini berhasil menang dengan selisih 2 fps.



Satu-satunya kelebihan yang dimiliki oleh kartu grafis ini adalah desainnya yang gagah dan memiliki sistem pendinginan yang lebih optimal dari kompetitornya. Tampilannya yang lebih keren juga membuatnya sangat cocok bagi para modder yang ingin memajang kartu grafis ini dengan casing modifikasi. Sistem pendinginan yang lebih baik tersebut juga membuka peluang overclocking yang lebih lebar.



Kesimpulan

MSI Radeon R7 370 Gaming 4G memang tampil dengan bodi yang lebih keren dan memiliki sistem pendinginan yang lebih baik dari salah satu kompetitornya, yaitu Sapphire NITRO R7 370. Meskipun demikian, performa kartu grafis ini bisa dibilang kalah tipis dengan pesaingnya tersebut. Yang membuat kartu grafis ini mengecewakan adalah harganya yang dibanderol di kisaran Rp3,3 juta. Selisihnya cukup besar jika dibandingkan dengan kompetitornya yang dibanderol dengan harga di bawah Rp3 juta.


(ABE)